Cara Troubleshooting Wordpress Error

Jum`at, 25 Oktober 2013 - panturahosting

Tulisan ini akan membahas cara troubleshooting wordpress error baik itu blank ataupun error lainnya. Penjelasan detail tahapan berdasarkan pengalaman kami selama ini dalam melakukan troubleshooting website wordpress klien kami.

Tahapan Memperbaiki WordPress Error

Berikut ini adalah tahapan yang umumnya kami lakukan ketika memperbaiki wordpress klien kami yang mengalami error.

  1. Cek error log Website
    Pertama kali yang harus anda lakukan adalah cek error log website. Jika anda adalah pelanggan pantura hosting maka cara untuk mengecek error log yaitu melalui directadmin -> Site Summary / Statistic / Logs -> klik pada menu error log 10  atau 100 perhatikan baris error yang ditampilkan dibagian bawah sendiri.Jika anda tidak menemukan informasi error yang sekiranya terkait maka coba lakukan tahapan ke-2
  2. Disable Plugin dengan Rename Folder Plugins
    Seringkali penyebab error adalah kompatibilitas plugin atau pluginya sendiri yang error, maka itu disable semua plugin dengan cara merename folder plugins yang terdapat di wp-content/plugins menjadi folder dengan nama lain.
    Jika sudah, coba test dan akses dashboard wordpress anda.
    Bagaimana WordPress anda masih error? Jika iya, lanjutkan ke tahapan ke-3
  3. Disable semua themes dengan Rename Folder Themes
    Seringkali juga penyebab error disebabkan script themes yang error, maka itu coba disable semua themesnya dengan cara melakukan rename folder themes yang terdapat dalam folder wp-content/themes kemudian ciptakan folder kosong baru themes.
    Masuk ke dashboard wordpress anda dan coba install themes baru.
    Bagaimana, apa wordpressnya sudah tidak error lagi? jika masih error silahkan lanjutkan ke tahap ke-4
  4. Hapus wp-admin dan wp-includes tindih dengan file baru
    Frustasi masalah wordpress error tidak kunjung selesai maka langkah terakhir yaitu hapus folder wp-admin dan wp-includes dan ganti dengan file terbaru yang telah anda download dari wordpress.org
  5. Bersihkan folder wp-content dari file asing
    File dan folder yang terdapat di folder wp-content umumnya plugins, themes, upgrade, uploads dan index.php sehingga jika anda menemukan file lain atau folder lain yang tidak terkait coba hapus. Bisa jadi file tersebut juga menjadi sumber masalah.

Yah, 5 hal ini yang biasa kami lakukan dalam menyelesaikan masalah website wordpress pelanggan kami yang error dan kebanyakan berhasil dengan sempurna. Jadi barangkali anda ingin mencoba melakukan troubleshooting wordpress anda yang error maka caranya seperti diatas. Selamat mencoba.


Berita Terkait : Tips dan Triks

Recent Posts

{recentposts}

Services

{services}

Pantura Hosting - Web Hosting Murah dan Berkualitas

    Jl. RE. Martadinata No.32 Batang
    Jawa Tengah - Indonesia
    Telp. +62 813 27574145
    Hotline / SMS : +62 813 27574145

Copyright © 2013 Pantura Hosting. Allright Reserved